Selasa, 26 Desember 2017

Melatih kemandirian? Susah susah gampang

Melatih kemandirian? Pasti deh pada mikir gimana agar anak bisa makan sendiri, segera lulus toilet training dan berjibun tanggung jawab lainnya.

Kalau banyak menuntut pasti jadi kesal bin marah bin jengkel bin stress. Apalagi untuk usia dibawah Enam tahun. Maka dari itu melatih kemandirian nya sebatas mengenalkan saja,, tak perlu banyak menuntut. Anak senang emakpun ikut senang. Dan lagi ga perlu tuh ngotot atau bandingin ama kemajuan anak tetangga pan anak kita very limited edition.

Ketika kita mengenalkan sesuatu pada Ananda, terkadang sang Anak tampak cuek, ga perhatian. Tapi saat waktunya tepat Ananda akan mengeluarkan semua kemampuan yang pernah dilihatnya.

Kmrn saat aku dan teman-teman Sejuta Cinta Jualan pakaian layak pakai baru deh menyadari betapa mandirinya mas D. Di saat anak yang seusia dengannya masih Nemplok emaknya kemana2. Mas D sdh mulai menikmati aktivitasnya sendiri. Mulai dari keliling lingkungan baru bahkan tak sungkan meminta pada Tuan rumah (pakD Supadi) untuk mengantarkan ke kandang Sapi, atau sekedar mengutak-atik mainan mas Ezra dan mba Hira.

Anak kita adalah pembelajar yang luar biasa. Cukup dicontohkan dan dia akan mencontoh. Soo saat melatih kemandirian itu kuncinya "tega" dan percaya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

be Kreatif

Ahai,, sesuai dengan Judul di atas kali ini kita akan cerita sedikit tentang bagaimana menjadi kreatif. ini sebenarnya judul buat Jurnal Fa...