Sabtu, 09 Desember 2017

Mendapat Jawaban

Tepat setengah jumlah hari tantangan level 10 belum juga berhasil mendongeng untuk mas D. Mas D tidak nyaman jika tidak bergerak, bahkan jika ada orang Yang sedang melakukan sesuatu pasti mas D penasaran ingin tahu dan coba-coba.

Aku kemudian berpikir, Tujuan utama tugas ini adalah menumbuhkan dan membangun karakter anak bukan pada aktivitas mendongengnya. Lalu aku coba mencari2 referensi tentang penelitian terkait menumbukan/ mengembangkan karakter anak. Alhamdulillah nemu di http://repository.ub.ac.id/25966/  dan akhirnya semangaat kembali membara.

Tentu saja semangat karena ternyata permainan yang biasanya aku dan mas D lakukan adalah cara lain dari mendongeng. Apakah itu? Bermain peran.

Mas D sangat suka bermain peran. Bahkan saat usianya 1tahun dulu dia sudah bisa berakting nangis, tersenyum, tertawa bahkan marah2 bergantian dalam hitungan detik. Dan hampir tiada hari tanpa kami bermain peran. Biasanya kami menggunakan mobil2 mainannya untuk bermain peran.

Hari ini kami belajar tentang berkata terima kasih. Mas D pegang Red (super star berwarna merah), aku pegang Elo (super star berwarna kuning) selain itu mas D juga pegang Acil sang Ambulan.

Ceritanya hari itu Elo dan Red kebut- kebutan akhirnya Red terguling guling di jalan. Elo secepat kilat menolong Red dengan memanggil si Acil melalui telpon darurat. Acil dengan sigap membantu Red dan berhasil menyembuhkan luka Red. Setelah selesai menyembuhkan Red, Acil berpamitan pergi, namun tiba- tiba Red memanggil Acil dan mengucapkan terima kasih. Tak lupa juga Red berterima kasih pada Elo.

Mengajarkan untuk mengucapkan terima kasih eh bukan, meneladankan mengucapkan terima kasih melalui permainan peran kepada mas D bukan yang pertama kalinya. Bahkan tadi aku surprise juga ketika menyadari mas D (Red) mengucapkan terima kasih pada Elo. Kupikir mas D hanya akan berterima kasih pada Acil saja yang membantunya berdiri dari posisi terguling. Ternyata lebih dari itu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

be Kreatif

Ahai,, sesuai dengan Judul di atas kali ini kita akan cerita sedikit tentang bagaimana menjadi kreatif. ini sebenarnya judul buat Jurnal Fa...