Selasa, 25 September 2018

Komunikasi Produktif

Perjalanan Jadi fasil ini dimulai dari sejak ditandatanganinya surat komitmen dari Tim pusat. Sebelum menandatanganinya saya pun sempat berkonsultasi dengan mas Era, setelah mendapat lampu hijau saya menandatangani dan mengirim kembali ke tim pusat.

Dan sejak hari itulah, ujian jadi Fasilitator dimulai apalagi pas ketahuan kelas yang akan saya dampingi, ini jauuh sebelum data resmi keluar. Seorang Partner, ibu Peri tepatnya membocorkan jika kami akan berpartner.

Senang bahagia rasanya berpartner dengan seorang yang berpengalaman pendampingan. Namun saat ibu Peri memutuskan untuk bekup di belakang ada sedikit rasa khawatir, galau bin grogi. Namun dengan adanya keajaiban Timeline, kami akhirnya memutuskan untuk membagi 12 materi dengan masing2 6 materi dan berlaku selang-seling. Karena saat belum dibagi, kami saling menunggu😏

Pra Bunsay, nah ini materi yang paling seru, terlebih saat kami berdua seharian menyiapkan amunisi untuk perform nanti malam. Baca kilat aneka buku, artikel bahkan membuka2 luka lama, eh... Kumpulan resume Kulwapp lama ttg tema terkait. Tak lupa pula kami saling mengingatkan satu sama lain untuk tetap hadir meskipun hanya manggung sendirian.

Jarum panjang mendekati angka 12, sementara jarum pendek dah di angka 7 sejak tadi. Dag dig dug detak jantung makin kencang aja terlebih saat jarum panjang kini bener2 di angka 12.

Tepat pukul 20.00 saya menuliskan icon tanda kehadiran 🌊 🌊 🌊 🐬 🐬 🐬, biasanya setelah itu saya akan langsung memberi salam, tapi malam itu karena masih dag dig dug. Butuh mengambil waktu sejenak (3 menit) untuk akhirnya bener2 hadir.
Seperti biasa, kelas selalu saya mulai dengan pertanyaan simpel semacam "bagaimana perasaannya para BunSay Ready (panggilan kesayangan kami untuk kelas Remedial) malam ini?" atau semacam "bagaimana warna hari ini buat temen2?" kemudian saya akan diam sejenak menunggu ketikan jawaban mahasiswi. Sesekali menimpali. Setelah agak ramai kemudian saya mulai masuk ke area materi. Pertanyaan awal adalah "sampai dimana proses mengunyahnya?" dan biasanya setelah kalimat ini mereka sdh paham bahwa kita akan bahas materi.

Siang sebelum berdiskusi di kelas, sudah kami sarankan untuk diskusi di kamar liga (WaG peer group) masing2 sehingga malam hanya tinggal presentasi hasil dan mendapatkan pengkayaan atau penguatan ilmu dari temen2 diluar kamar liga masing2. Saat Presentasi liga pertama dimulai, kami terbengong2, gimana tidak, mereka presentasinya luar biasa, lengkap kap. Bahkan sampai kelompok terakhir kami masih terus terbengong2. Malam ini kami semakin bersyukur mendapat takdir menemani temen2 yang mengulang proses belajar, kami belajar banyak. Yap... Kami yang belajar.

Acara Prabunsay selesai mulai masuklah ke Materi inti/ pokok. Hal yang sama kami berlakukan, presentasi hasil diskusi dikamar liga. Alhamdulillah kelas tetap seramai biasanya dan banyak ilmu baru yang kami serap bahkan curhat colongan menghiasi layar malam itu.

Aha... Jadi ingat ada janji welcome party antara saya dan ibu Peri untuk mereka, yang belum jua terlaksana.
Tepat di hari ke-13 kami manghadirkan tamu istimewa (istimewaah banget buat hati saya) yang mengupas tuntas tentang lima bahasa kasih. Siapa lagi kalau bukan suami tercinta, Era sugiarso.

Rupannya Diswapp bareng mas Era ya dimomodin mba Gina sangat berkesan buat para BunSay ready, terbukti curhat colongan bertebaran dilayar malam itu. Satu per satu mas Era menjawab curhatan para BunSay Ready dengan sabar, bahkan ketika harus diselingi membuatkan dot Susu untuk mas D😜. Dua jam terasa sebentar menurut para BunSay Ready bahkan hari selanjutnya masih dilanjut obrolan dilayar. Alhamdulillah malah ada yang nemu solusi untuk tantangannya yang luar biasa menantang selama ini. Banyak yang akhirnya justru bercerita ttg perubahan hubungan mereka setelah menerapkan KomProd ini. Alhamdulillah lagi ada yang merasa baru jatuh cinta setelah menikah hampir 9 tahun.

Huwaaaah... Hati turut berbunga-bunga bahkan saat baca ceritanya malah ikut senyum- senyum malu.

Hmm.... Untuk level berikutnya perlu menyiapkan tamu istimewa siapa lagi ya? 🤔

Agar kami bisa belajar dan bahagia bersama😍😍

Love u BunSay Ready😘😘

Moving Forward 🏁
Be better and Happy

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

be Kreatif

Ahai,, sesuai dengan Judul di atas kali ini kita akan cerita sedikit tentang bagaimana menjadi kreatif. ini sebenarnya judul buat Jurnal Fa...